Di tengah laut…Tsunami itu secepat pesawat tempur

Lihat foto diatas…mengerikan bukan ?..ya itulah hasil dari kekuatan Gelombang Tsunami. Kalo kita bahas tentang Tsunami, pasti yang langsung diingat adalah bencana Gempa di Aceh tahun 2004 lalu.
Nah…bagaimana Tsunami itu merambat ?Tsunami merambat karena adanya grafitasi dari tubuh air yang terangkat. Tubuh air yang terangkat ini seolah jatuh mengikuti gravitasi.
Gelombang akibat angin seringkali memiliki kecepatan merambat sangat rendah dan panjang gelombang hanya 10 meter. Ditengah samodera gelombang tsunami sangat pendek, hanya 1-3 feet atau sekitar satu meter saja, dengan panjang gelombang hingga 1 kilometer lebih. Ketika sampai di dekat pantai gelombangnya meninggi hingga 30 meter  !!
Jadi gelombang ini sebenarnya bukan merambat tetapi berlari kencang sekencang pesawat jet. Di laut lepas kecepatannya berkisar antara 500 -600 mph (800 -1000 km perjam).
Bagaimana Ketinggiannya ?
Ketinggian gelombang tsunami sangat tergantung dari tingginya dislokasi akibat gempa. Untuk gempa Chile yang berkekuatan M8.8 ini diperkirakan ketinggian saat melaju hanya sekitar satu meter. Namun ketika sampai dipantai ketinggiannya bisa mencapai tiga kali lipat.
Sesampainya dipantai gelombang tsunami dan gelombang angin laut biasa dapat dikenali seperti dibawah ini :
Untuk sementara ketika ada warning tsunami sedang menuju pantai dari tempat lain. Hindari laut dalam hari itu. Karena gelombang tsunami yang datang pertama seringkali diikuti gelombang tsunami yang lebih besar berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Earn Money With Your Website